Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Cek Gangguan LAN

 

VintageCom - Saya yakin, diantara kita sering dibuat pusing dengan adanya gangguan pada suatu jaringan internet yankita gunakan, berbagai diagnosa dan perkiraanpun terbersit dalam benak pikiran kita, mulai dari kemungkinan modem yang rusak, LAN Card yang tidak berfungsi, atau bahkan memang jaringan internetnya yang kurang baik. Permasalahan tersebut kini mulai dinetralisisr dengan dikembangkannya software yang mampu mendeteksi atau mendiagnosa dimana letak gangguan tersebut, oleh pengembangnya yang asli putra Indonesia (Andi Rizqi) software ini diberi label LAN Diagnostic Tool (LDT).

Lan Diagnostic Tool (LDT) adalah sebuah program yang dikembangkan untuk memudahkan pelanggan internet dalam menganalisa jaringan komputer. Program ini terinspirasi oleh kegiatan call center ISP ketika menghadapi komplain dari para pelanggannya. Dalam menangani komplain, Call center ISP biasanya memiliki prosedur standar untuk diagnosa awal, yaitu cek IP komputer, cek modem dan lain sebagainya. Walaupun terlihat sederhana dan merupakan ilmu dasar dari networking, tetapi merupakan masalah yang besar jika dihadapkan kepada pelanggan yang masih awam terhadap komputer dan system network.

Tantangannya adalah : Bagaimana untuk menyederhanakan prosedur standar ini, sehingga dapat memudahkan bagi pelanggan yang awam internet dan juga membantu call center ISP dalam memperoleh informasi awal gangguan pelanggan mereka

Bagaimana LDT bekerja?
Secara otomatis, LDT akan tampil pada systemtray dan akan memonitor koneksi internet pelanggan secara realtime. Menu LDT dapat ditampilkan dengan mengklik kanan pada icon, dengan menu-menu a.l:
• Menu Konfigurasi untuk menentukan konfigurasi yang dipilih,
• Menu Cek Network untuk mengetahui masalah pada jaringan internet,
• Menu update untuk mendapatkan modul baru yang ditawarkan LDT.

Jika internet Anda putus, icon LDT akan berubah dengan tanda SILANG . Anda dapat melakukan pengecekan kondisi jaringan nerwork Anda dengan klik dua kali pada icon LDT atau memilih menu “Cek network”.

Apa yang bisa dikembangkan dari LDT ?
Pada tahap awal ini LDT berisi checking network, untuk kedepannya diharapkan LDT mampu melakukan remote terhadap modem sehingga fumgsi remote modem dapat disederhanakan secara mudah.
LDT akan secara otomatis melakukan pengecekan update terhadap server. Jika terdapat update, maka icon LDT akan berubah menjadi biru, pelanggan dapat mengupdate dengan mengklik pada menu update sehingga LDT akan memperbaharui fiturnya secara otomatis.

Siapa yang berkepentingan terhadap LDT ?
LDT diperuntukkan bagi pelanggan internet yang awam terhadap jaringan komputer, pelanggan bisa dengan mudah menganalisa serta mencoba untuk memperbaiki jaringan mereka secara mandiri. Jika pelanggan masih memerlukan bantuan, pelanggan bisa menelpon call center ISP dengan memberikan informasi yang direkomendasikan oleh LDT.
Target kedua yang disasar oleh LDT adalah petugas call center ISP. Rekomendasi dari LDT diharapkan mampu memberikan masukan yang akurat untuk bahan analisa penyelesaian masalah gangguan di Pelanggan.

Download disini

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Checker Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
Reaksi:

Posting Komentar

0 Komentar